Breaking News

RIBUAN UMAT MUSLIM SHOLAT ID DI LAPANGAN PANCASILA


Ribuan Umat Muslim melakukan Sholat Idul Adha di Lapangan Pancasila, Kota Ende, Minggu (11/8/2019). Tampak hadir dalam sholat Idul Adha, Wakil Bupati Ende, Drs H.Djafar H. Achmad,MM dan bertindak selaku Khotib  H Pua Ibrahim Spd. Khotib  H Pua Ibrahim Spd yang dalam kotbahnya  mengingatkan agar Umat Muslim untuk membuang  dan mengenyahkan sifat-sifat kebinatangan yang sering bercokol pada diri manusia.

“Misalnya sifat mau menang sendiri walau dengan menginjak-injak hak orang lain, bahagia dan senang walau menari-nari diatas penderitaan orang lain, mabuk kuasa dengan ambisi yang tidak terkendali, sombong dan angkuh, serta iri dan dengki, tidak rela disaingi, tidak mau dikritik maupun  tidak mau mendengar nasehat,”ujar Haji Pua Ibrahim.

Dikatakan Hajia Pua, esensi ibadah kurban tahunan yang umat Islam laksanakan adalah bentuk i’tibar atau pengambilan pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, yang memiliki spirit yang bernilai amat mulia, bukanlah sekedar ritual tanpa makna atau tradisi tanpa arti. 


Selain itu, katanya ada tiga pesan yang bisa ditarik dari kisah tentang Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail serta ritual penyembelihan hewan kurban secara umum. Pelajaran pertama, tentang totalitas kepatuhan kepada Allah Subhauna Wata’ala, Pelajaran kedua adalah tentang kemuliaan manusia. Dalam kisah itu di satu sisi diingatkan agar jangan menganggap mahal sesuatu bila itu untuk mempertahankan nilai-nilai keTuhanan, namun di sisi lain  juga dihimbau untuk tidak meremehkan nyawa atau darah manusia serta pelajaran yang ketiga yang bisa diambil adalah tentang hakikat pengorbanan. Bukanlah takaran material dari hewan kurban yang menjadi tolak ukur, melainkan ketulusan untuk memupuk kedekatan kepada sang Pencipta, yang juga termanifestasi dalam jalinan silahturahmi yang erat antar sesama umat manusia.

Pelaksanaan Idul Adha kali ini tercatat ada 187 ekor hewan yang dikurbankan masing-masing terdiri dari 137 ekor sapi dan 50 ekor kambing. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 171 ekor hewan kurban.(ria/hms)

Tidak ada komentar