Breaking News

PEREKONOMIAN KABUPATEN ENDE LEBIH BANYAK UNTUK KONSUMSI


Berdasarkan data PDRB Kabupaten Ende, perekonomian Kabupaten lebih banyak dimanfaatkan untuk konsumsi rumah tangga. Inofasi belum memberi andil signifikan sedangkan ekspor menunjukan nilai negatif. Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan hal itu dalam sambutannya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 Tingkat Kabupaten Ende, Sabtu (17/8/2019).


Dikatakan nilai negatif pada komponen ekspor menunjukan bahwa barang dan jasa yang berasal dari luar wilayah lebih banyak di bandingkan yang dikirim ke luar wilayah kabupaten Ende. “Oleh karena itu saya sangat mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Ende khususnya para pelaku dan pegiat ekonomi serta pihak-pihak terkait untuk bekerja lebih keras dan bergerak bersama komponen lainnya meningkatkan produksi hasil pertanian, perkebunan dan perikanan serta sektor lainnya agar secara bertahap mampu mengekspor barang dan jasa ke luar wilayah kita,”kata Wabup Djafar Achmad. 


“Di samping itu kita juga harus bisa menciptakan situasi yang kondusif bagi pengembangan investasi sehingga di harapkan dengan investasi akan semakin menggairahkan perekonomian dan pertumbuhan ekonomi kita semakin meningkat dari waktu ke waktu,”ujarnya.

Sedangkan tingkat inflasi masih bisa dikendalikan di atas 4 persen dan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen berkat kerja keras dan kerja bersama pada 4 tahun sebelumnya maka pertumbuhan ekonomi terus meningkat dengan menduduki urutan ketiga tingkat provinsi NTT setelah kota Kupang dan Belu,ujar Wabup Djafar. 

Hal ini yang menjadi salah satu indikator Kabupaten Ende keluar dari status sebagai daerah tertinggal berdasarkan keputusan Menteri Kementian Desa Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi nomor 79 tahun 2019,ujar Wabup Djafar. “Dengan perubahan status ini akan semakin memacu semangat kita untuk bekerja lebih maksimal dan profesional karena persoalan dan tantangan ke depan lebih kompleks, sehingga upaya kita mewujudkan masyarakat Ende yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan dapat terwujud. Prestasi ini harus lebih memacu semangat kita untuk bekerja lebih maksimal,”ujar Wabup Djafar,.(pac/hms)

Tidak ada komentar