Breaking News

WABUP DJAFAR: TINGKAT KELAHIRAN TINGGI JADI SUMBER KEMISKINAN


Salah satu penyebab pertumbuhan penduduk yang pesat  disebabkan angka kelahiran yang masih tinggi. Tingkat kelahiran yang tinggi ini, selain menjadi sumber kemiskinan juga akan menghambat pertubuhan ekonomi.

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 2 Setda Ende, Kosmas Nyo pada kegiatan Rapat koordinasi Kegiatan Pembahasan Program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga Sektor terkait lainnya yang dilaksanakan di Kampung KB, Jumat (19/7/2019) di Aula Wisma Emaus Ende.

Dikatakan dampak dari kondisi ini akan meningkatkan beban pemerintah dalam penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk, seperti penyediaan pangan, sandang, papan, sarana pra sarana kesehatan, pendidikan, lapangan kerja dan lainnya.

Hal lain yang hendaknya menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat adalah adanya kasus kematian ibu pada saat hamil, melahirkan dan nifas serta kematian bayi. Selain itu keberhasilan program KB sangat erat kaitannya dengan penurunan angka kemiskinan.

 “Jumlah anak yang banyak menimbulkan persoalan tersendiri bagi orang tua untuk mempersiapkan pendidikan yang layak dan kebutuhan hidup lainnya, karena harus dipahami bersama bahwa keluarga merupakan peletak dasar bagi pembentukan karakter seseorang, dimana Pendidikan yang diperoleh anak-anak dari orang tua sangat menentukan kehidupan sosialnya di tengah-tengah masyarakat,”ujarnya.(ria humas)

Tidak ada komentar