Breaking News

SOSIALISASI SAKIP JAWABI TUNTUTAN REFORMASI BIROKRASI


Kegiatan sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten Ende guna menindaklanjuti apa yang menjadi program prioritas pemerintah pusat dalam hal reformasi birokrasi.

Wakil Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM mengatakan ini dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten, Simon Ndena, SE saat membuka kegiatan Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bertempat di aula pertemuan lantai dua kantor Bupati jln. Eltari, Kamis (11/7).

Menurut Wabup Djafar Achmad, dari 8 area perubahan  dari reformasi birokrasi salah satunya berupa peningkatan integritas dan akuntabilitas kinerja aparatur, predikat yang kita peroleh selama ini masih jauh dari target yang. diharapkan.. Menyikapi kondisi ini  semua pimpinan OPD  bersama jajarannya harus berkomitmen untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih  baik.


Wabup menjelaskan evaluasi implementasi SAKIP ini, juga untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintah yang berorientasi hasil.

Menurut Wabup, dalam penilaian tersebut sasaran nilainya adalah seluruh komponen dari manajemen kinerja yang terdiri dari perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal serta pengukuran capaian kinerja.

Panitia penyelenggara dalam laporan yang disampaikan Wilhelmina L. Y. Naga, SSTP Kasubag menjelaskan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi SAKIP ini adalah selain untuk memperoleh informasi tentang implementasi SAKIP dan menilai tingkat implementasi SAKIP juga untuk memberikan saran perbaikan untuk peningkatan implementasi SAKIP serta memonitor tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi periode sebelumnya.(Humas Ende/ Helen Mei (eln)).

Tidak ada komentar