Breaking News

DIRJEN KSDAE KUNJUNGI ENDE

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wiratno mengunjungi Kabupaten Ende dalam rangkaian kegiatan upaya Konservasi Elang Flores dan habitatnya. Kunjungan Dirjen KSDAE ini dipusatkan di pusatkan di Pesanggrahan Belanda  kawasan Danau Kelimutu, Kamis (21/3).

Saat menyampaikan sambutannya, Dirjen KSDAE mengatakan, mengingat Populasi Elang Flores menurun yaitu sesuai informasi yang ia terima tersisa 100 pasang maka semua pihak diminta kerjasamanya untuk menjaga kelestarian Elang Flores bersama habitatnya.

Menurut Dirjen pendekatan yang paling tepat untuk menjaga kelestarian Elang Flores bersama habitatnya adalah melalui pendekatan budaya.

Olehkarena itu memberi apresiasi kepada kelompok masyarakat Wolojita yang secara khusus melindungi keberadaan Elang Flores bersama habitatnya.
" Saya rasa pendekatan yang paling tepat untuk jaga kelestarian Elang Flores dan habitatnya adalah melalui pendekatan budaya. lewat pendekatan budaya ini masyarakat memiliki tanggungjawab untuk menjaga kelestarian Elang Flores ini" ujarnya.

Bupati Ende Ir. Marselinus Y. W. Petu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang, Pemerintahan, Hukum dan Politik, Marmi Kusuma, SH mengatakan, pada dasarnya Pemerintah Kabupaten Ende mendukung penuh pelestarian Elang Flores dan habitatnya.

Dukungan pemerintah demikian Bupati Marsel Petu, mengingat keberadaan Elang Flores ini berdampak positif pada banyak hal terutama dapat dijadikan sebagai salah satu potensi pariwisata hayati yang dapat dikembangkan dan dapat menjadi destinasi baru yang berbeda dengan destinasi- destinasi wisata lainnya yang sudah ada sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penetapan JATABARA (Masyarakat Peduli Elang Flores) berupa pemakaian Rompi serta deklarasi bersama mendukung Konservasi Elang Flores dan habitatnya oleh pemerintah kabupaten Ende, Unsur Forkopimda, Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Camat, KPH, Kelompok JATABARA yang pernyataan deklarasi nya dibacakan Staf Ahli Bupati, bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Usai pembacaan pernyataan deklarasi dilanjutkan dengan penandatanganan Papan deklarasi.(Humas Ende/Helen Mei)).


Tidak ada komentar