Breaking News

KANKER PAYUDARA DAN LEHER RAHIM PENYUMBANG TERTINGGI KEMATIAN


Saat ini penyakit kanker khususnya kanker payudara dan leher rahim penyumbang tertinggi angka kematian kaum perempuan diantara jenis kanker yang ada. Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM mengatakan ini dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dr. Mina Fatma, M. Kes saat membuka kegiatan sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim Tingkat Kabupaten Ende, di Aula Syuradikara Mart Jalan Prof. W Z Yohanes, Selasa (8/10).

Menurut Bupati Djafar Achmad, sesungguhnya penyakit kanker payudara dan leher rahim dapat dicegah dan diobati bila ditemukan pada stadium tinggi.

Namun karena pengetahuan dan kesadaran  masyarakat terhadap kedua kanker ini masih sangat minim demikian Bupati Djafar. sehingga penyakit kanker ini masih menempati urutan teratas penyumbang kematian kaum perempuan. Bupati beri apresiasi khusus bagi Dinas Kesehatan yang telah menggelar kegiatan ini, dan kegiatan ini diharapkan  dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya kaum perempuan tentang kanker payudara dan leher rahim.

Ketua panitia penyelenggara Ahmad Gulung Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dalam laporannya mengatakan melalui  kegiatan sosialisasi ini masyarakat diharapkan dapat mengetahui mengenai kanker payudara dan leher rahim dan selanjutnya dapat melakukan tindakan pencegahan sehingga mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat kedua kanker tersebut.(Humas Ende/ Helen Mei (eln))

Tidak ada komentar