Breaking News

JANUARI 2020 PLTPB MUTUBUSA BEROPERASI


Pada Bulan Januari 2020 mendatang,Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di Desa Sokoria, Kecamatan Ndona Timur, Kabupaten Ende segera beroperasi. Hal ini dikatakan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, F.X.Sutijastoto pada saat meninjau keberadaan PLTPB Mutubusa di Desa Sokoria, Kecamatan Ndona Timur, Kabupaten Ende,  Sabtu ( 14/9/2019).

F.X.Sutijastoto mengatakan bahwa itu adalah merupakan hadiah Natal 2019 dan juga tahun baru 2020 bagi masyarakat NTT secara umum dan Flores khususnya serta lebih khususnya masyarakat Kabupaten Ende yang saat ini belum bisa menikmati listrik yang bersumber dari PT PLN.

F.X.Sutijastoto yang didampingi Wakil Gubernur NTT, Jos Nai Soi dan Bupati Ende, Drs H.Djafar H.Achmad,MM mengatakan bahwa kedatangan dirinya secara langsung ke PLTPB Mutubusa guna memastikan perkembangan pelaksanaan pembangunan PLTPB Mutubusa secara langsung di lapangan.

“Dari hasil pantauan dan juga laporan dari pagawai yang bekerja di PLTPB Mutubusa menyatakan bahwa PLTPB Mutubusa diperkirakan akan beroperasi pada Bulan Januari 2020,”ujarnya.

Menurut dia dari hasil pantuannya terlihat bahwa pelaksanaan pembangunan PLTPB Mutubusa telah mengalami perkembangan yang cukup siginifikan dan jika tidak ada hal yang non tehknis maka dipastikan bahwa PLTPB Mutubusa sudah bisa beroperasi pada Bulan Januari 2020.

Sutijastoto mengharapkan dukungan dari semua pihak terutama PT Orka selaku pengembang dan juga PLN maupun Pemda Ende dan Pemda Provinsi NTT maupun masyarakat sehingga apa yang ditargetkan bisa tercapai sesuai dengan rencana.

Sementara itu Wakil Gubernur NTT, Josef Nai Soi mengatakan bahwa dengan beroperasinya PLTPB Mutubusa itu merupakan suatu kerinduan yang luar biasa bagi masyarakat NTT khususnya Pulau Flores yang selama ini masih terpinggirkan dalam bidang kelistrikan.

“Masih banyak desa-desa di Pulau Flores yang belum menikmati listrik dan apabila PLTPB Mutubusa bisa beroperasi pada Januari 2020 maka mimpi besar Paket Victory-Jos untuk membebaskan masyarakat NTT dari kegelapan ahkirnya bisa terwujud,”kata Wagub Josef.

Terkait dengan permasalahan listrik,Josef Nai Soi mengharapkan agar kawasan di sekitar PLTPB Mutubusa bisa ditata lebih baik sehingga bisa menjadi lokasi wisata yang nantinya dipadukan dengan keberadaan Danau Kelimutu yang memiliki nilai historis.

Menurut Wagub NTT, Josef Nai bahwa suatu yang fenomenal apabila keberadaan PLTPB Mutubusa dipadu dengan keberadaan Kawasan Kelimutu yang dikelilingi dengan keberadaan hutan dan kebun milik warga juga satwa.(ria humas ende)


01
02
03
04

05
06
07
08

09
10
11
12

13
14
15
16

17
18
19
20

PHOTOGRAFER : ALIAS AHMAD ( GINO )

Tidak ada komentar