Breaking News

DATA TERKINI, PELAKU PERJALANAN DI ENDE 507 ORANG


Sampai saat ini data terakhir yang masuk di posko gugus tugas terkait pelaku perjalanan di Kabupaten Ende sesuai peta sebaran yang dibuat satuan gugus tugas penanganan Covid-19 sebanyak 507 orang.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, dr. Muna Fatma saat konferensi pers di posko gugus tugas penanganan Covid-19 Lantai 1 Kantor Bupati Jln Eltari, Senin (30/3).

Dari data tersebut menurut dr.Muna hampir dipastikan semua kecamatan di wilayah Kabupaten Ende terdapat pelaku perjalanan. 507 pelaku perjalanan ini datanya diambil hampir dari 25 puskesmas yang ada di Kabupaten Ende.

Ketika  menerima laporan maupun informasi baik itu dari Pihak Bandara maupun pelabuhan serta masyarakat terkait adanya pelaku perjalanan demikian dr. Muna maka pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan puskesmas- puskesmas dalam wilayah Kabupaten Ende dan selanjutnya pihak puskesmas nantinya akan melakukan pemantauan di lapangan sesuai standar surveillance (pengawasan) kesehatan yang ada.

Jelas dr. Muna, apabila hasil pemantauan yang dilakukan pihak puskesmas tidak ditemukan gejala maka pelaku perjalanan tersebut statusnya hanya terkategori sebagai pelaku perjalanan. Sementara apabila ditemukan gejala yang bukan karena penyebab lainnya maka pelaku perjalanan tersebut ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Kalau selama ini orang beranggapan garda terdepan adalah Rumah Sakit, tetapi saat ini garda terdepan adalah puskesmas dan masyarakat" ujar dr. Muna.(Helen Mei (eln))

Tidak ada komentar