Breaking News

BUPATI ENDE, KOPERASI TELAH MEMBERIKAN MANFAAT BAGI MASYARAKAT


Keberadaan koperasi dan UKM di tengah-tengah kehidupan masyarakat telah banyak memberikan manfaat, utamanya dalam meningkatkan perekonomian.  Hal ini dikatakan Bupati Ende, Drs Djafar Achmad saat membuka kegiatan  Pelatihan Manajemen Bagi Pengelola Koperasi/ KUD dan Pelatihan Kewirausahaan di Wisma Emaus, Jalan Diponigoro, Kota Ende, Senin (6/7/2020).

Bupati Djafar mengatakan dengan tersedianya lembaga keuangan yang mudah diakses oleh masyarakat desa, terutama masyarakat dari kelompok berpenghasilan rendah, pada gilirannya nanti akan meningkatkan keberadaan usaha kecil milik masyarakat melalui kemitraan dan pembinaan dari Pemerintah dan stake holder terkait.

Dalam mengembangkan kehidupan ekonomi pada pemberdayaan usaha kecil dan menengah khususnya dan ekonomi Kabupaten Ende umumnya, maka perlu peningkatan melalui pembinaan dan bimbingan, baik dari segi kelembagaan, usaha maupun keuangan serta akses pasar bagi pelaku-pelaku usaha,ujar Bupati Djafar.

Lebih lanjut terkait dengan Kegiatan Pelatihan ini dalam upaya meningkatkan kualitas dan produktivitas SDM dan keterampilan pengelola koperasi serta pelaku UKM, manfaatnya tidak hanya untuk diri pribadi para peserta, namun juga diharapkan untuk kelembagaan di masa yang akan dating,ungkap Bupati Djafar.

Selain dari itu Kegiatan Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman secara menyeluruh mengenai teori dan implementasinya bagi seluruh peserta, sehingga berdampak positif untuk lembaganya masing-masing dan bagi keberlangsungan usaha kecil dan menengah.

“Koperasi dan UKM juga mesti keluar dari suasana pandemi Covid-19. Jangan takut dan terus berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, memberikan pelayanan terbaik kepada anggota serta menciptakan produk-produk inovasi yang bermutu dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan penanganan Covid-19,”kata Bupati Djafar.
(Prokopim Ende/Helen Mei (eln)

Tidak ada komentar