Breaking News

150 ORANG IKUT BIMTEK PILKADES


Sebanyak 159 orang ketua panitia dari 159 desa yang menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa serentak gelombang II Tahun 2019 mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK)  Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang II Tahun 2019.

Kegiatan Bimtek tersebut dibuka oleh Bupati Ende yang diwakili Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Ende, Kornelis Wara S. Sos di Aula Pertemuan Wisma Emaus Jln. Diponegoro, Selasa (5/11).

Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mengatakan, saat ini anggaran untuk desa melalui dana desa semakin banyak. Oleh karena itu figur seorang kepala desa yang nantinya memimpin harus benar-benar individu yang mempunyai pengetahuan memadai serta memahami aturan-aturan yang berlaku. Bimtek ini kata Bupati Djafar Achmad, menjadi wahana yang tepat bagi semua peserta untuk mengetahui tentang mekanisme pemilihan  kepala desa sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.


Bupati berharap sekembalinya dari kegiatan Bimtek ini para peserta dapat mensosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat juga dapat mengetahui secara jelas tentang mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam pemilihan kepala desa.

Sosialisasi kepada masyarakat penting, dengan maksud Pilkades selain nantinya berjalan aman dan lancar serta tidak terjadi gesekan atau konflik kepentingan juga masyarakat dapat menentukan figur kepala desa berdasarkan kemampuan individu kepala desa bukan berdasarkan kedekatan.

Panitia penyelenggara dalam laporannya yang disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Agnes Agneta, SSTP mengatakan, Bimtek ini diikuti 159 orang ketua panitia yang menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa secara serentak dan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada panitia pemilihan tentang tatacara pemilihan kepala desa.(Humas Ende/ Helen Mei (eln))

Tidak ada komentar